<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d9081974261161005159\x26blogName\x3dMemancing\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://mugi-hobies.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mugi-hobies.blogspot.com/\x26vt\x3d7294376669135573704', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

03 January 2010


KARAKTERISTIK LOKASI MANCING (ikan mas)

Lokasi untuk memancing ikan mas dibedakan menjadi dua yaitu lokasi alam dan buatan. Lokasi alam meliputi daerah perairan seperti sungai, rawa, situ, telaga, danau dan waduk-waduk besar pengairan. Lokasi buatan meliputi empang, kolam pancing, balong, dan lainnya yang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan para pemancing ikan mas ini. Untuk memanjakan pemancing, kolam pancing diisikan terlebih dahulu ikan masnya atau sesuai perjanjian yang tentunya tak tertulis. Ada beberapa sistim yang diterapkan pada empang yaitu harian, kiloan, borongan, lomba dan galatama.

Untuk lokasi buatan, banyak ditemukan di pulau Jawa dan Sumatra. Namun untuk lokasi alam, mungkin agak sulit mencarinya di Jawa ini karena alamnya yang mulai terkontaminasi limbah industri dan terusik tangan manusia. Bila ingin mencari lokasi alam yang menarik dan masih menjanjikan khususnya untuk ikan mas, mungkin harus mencarinya di luar Jawa. Atau bila ada pemancing lain yang dapat membantu dapat menghubungi saya lewat email atau forum hingga bisa ditampilkan informasi anda di situs ini.

LOKASI ALAM
Bagi yang gemar berpetualang tentunya mancing ikan akan lebih mengasyikkan bila memancingnya pada lokasi alam habitat ikan. Sayangnya di Indonesia, sedikit sekali atau hampir tidak ada pemancing petualang yang mengkhususkan diri hanya pada spesies ikan mas. Rata-rata mereka beranggapan tangkapan apapun yang diperoleh, itulah yang mereka pancing. Sedang yang mengkhususkan diri mungkin hanya pada spesies ikan air tawar predator seperti Gabus, Belida, Sius dan lain-lain. Itupun sudah sangat bagus, siapa tahu nanti ada spesies ikan air tawar yang alami (bukan hasil budidaya) yang menjadi primadona Indonesia, seperti ikan Bass, Salmon, Trout, Pike di dunia barat sana.

Bagi yang penasaran anda dapat mencoba lokasi pada waduk pengairan besar seperti Cirata, Jatiluhur dan Saguling di Jawa Barat, keberadaan ikan mas sangat potensial karena sebagian berasal dari pembibitan dan budidaya jala terapung yang banyak di sekitarnya yang berhasil lolos menuju alam lepas. Lokasi alam lainnya dapat anda kenali dari kondisi perairannya. Carilah lokasi yang disukai ikan mas dan ikan air tawar umumnya.

Kondisi perairan yang terpelihara alam dengan baik, dapat menjadi tempat ideal sebagai habitat alam ikan. Karakteristik perairan alam terbuka yang mungkin layak dipertimbangkan sebagai lokasi alam seperti berikut :
  • Suhu air suatu perairan sangat mempengaruhi keberadaan ikan. Suhu yang disukai ikan berkisar 20º~26º C atau bersuhu hangat.
  • Kedalaman air berkisar 1~4 meter.
  • Kondisi perairannya agak keruh, hal ini malah disukai ikan ketimbang perairan yang sangat jernih. Namun ingat kekeruhan bukan disebabkan oleh polusi limbah, atau sampah.
  • Perairan tersebut walau pada sungai berarus (Stream River) maupun genangan air (Still water) seperti danau harus memiliki arus yang kecil hingga sedang atau permukaannya luas yang menjamin tersedianya pasokan oksigen dan makanan yang dibutuhkan ikan.
  • Perairan yang tampak diam (Still Water) berwarna kehijauan karena lumut (Algae) yang menutupi permukaan sangat disukai ikan.
  • Kondisi khusus perairan lainnya yang berpotensial dihuni ikan seperti: tempat terdalam dari permukaan dasar perairan yang luas misalnya lubuk dan bekas penggalian. Bagian dari perairan yang ditumbuhi pepohonan disisinya yang membuat permukaan air terlindungi panas matahari. Pepohonan yang rebah dan sebagian batangnya tenggelam di perairan menjadi petunjuk yang kuat sebagai tempat yang baik. Tumbuhan rumput atau alang-alang dan teratai bahkan menjadi tempat kesukaan ikan-ikan besar.
  • Indikasi permukaan air yang dapat dicermati diantaranya air yang tiba-tiba keruh akibat ikan yang sedang mengaduk atau kaget akan kehadiran anda, adanya gelembung udara (disebut rembesan) yang mempunyai arah gerak menandakan keberadaan ikan, perhatikan daerah tenang saat angin datang karena garis angin pada permukaan menandakan adanya tempat yang disukai ikan pada dasar air seperti bebatuan, kayu pohon yang tenggelam dan lainnya. Bila memungkinkan carilah lokasi yang bukan menjadi tempat eksploitasi ikan yang besar-besaran atau jarang terusik manusia.

EMPANG HARIAN
Empang harian adalah tempat khusus yang disediakan buat pemancingan. Pada empang ini biasanya pemancing membayar harga lapak (sewa lapak berikut ikannya) baru kemudian memancing. Mancing harian dapat dilakukan setiap hari bahkan ada pemancingan yang bukanya 24 jam.

EMPANG KILOAN
Dinamakan empang kiloan karena sistim yang dipakai saat mancing di empang ini yakni dengan menimbang hasil tangkapan yang diperoleh, kemudian pemancing membayar harga berdasar perolehannya.

EMPANG BORONGAN
Pemancing atau kelompok pemancing menyewa empang yang waktu memancingnya, jumlah ikan yang diisikan di empang berdasarkan kesepakatan keduabelah pihak. Atau dapat juga sekelompok pemancing menawar isi empang yang dipunyai petani budidaya, baru kemudian memancingnya setelah ada kesepakatan harga.

EMPANG LOMBA
Di sinilah para pemancing mencoba ketangguhannya dengan menerapkan pengetahuan dan pengalamannya terhadap pemancing yang lain tanpa mengurangi keakraban sesamanya. Pada lomba biasanya penyelenggara telah mengisikan sejumlah ikan terlebih dahulu dan menyediakan sejumlah hadiah-hadiah bagi pemenangnya. Kriteria pemenang ditentukan berdasarkan perolehan terberat perekor yang didapat peserta lomba mancing. Lomba biasanya diadakan mulai pagi hingga sore pada hari Minggu atau hari libur lainnya.

EMPANG GALATAMA
Mancing pada empang sistim galatama adalah mereka yang benar-benar hendak mengasah ketrampilannya memancing, karena hasil ikan tidak dibawa pulang seperti pada sistim mancing yang telah disebut di atas tadi. Ikan yang ditebar di empang ini sangat banyak jumlahnya, penyelenggaraannya bisa setiap hari dan bersifat lomba karena ada hadiahnya. Untuk hadiah biasanya berupa uang, banyaknya tergantung dari jumlah peserta setelah uang yang terkumpul dikurangi oleh bagian yang menjadi hak panitia.

Kriteria pemenang sesuai kesepakatan bersama, biasanya seperti juara ikan terberat, juara ikan merah, juara total berat perolehan ikan dan juara total perolehan jumlah satuan ikan. Dalam setiap harinya lomba terbagi dalam beberapa babak atau ronde, yang lamanya antara 2~2,5 jam perbabak. Dalam tiap babak didapatkan hasil penentuan juara. Ikan yang diperoleh dilepaskan kembali saat itu juga setelah dilakukan penimbangan.

Beberapa peraturan galatama agak berbeda dengan lomba seperti peserta tidak diperbolehkan menggunakan rangkaian berpelampung, menggunakan umpan hidup seperti cacing dan kroto dan beberapa aturan lainnya yang berbeda pada setiap empang yang menyelenggarakan mancing galatama. Pada beberapa daerah menyebutnya sebagai gaplean yang sistimnya hampir mirip dengan galatama.

10 Comments:

Anonymous Anonymous said...

This idea would be perfectly done with camping, it allows a camper to
acquire the utmost relaxation which is the basic objective of the activity.
Are you going on a lighthouse tour of the Oregon Coast.
Find more information, about Deer Hunting in Alabama here.



Here is my web site ... culturachianti.it

10:53 AM  
Anonymous Anonymous said...

Signing up for the particular Wilton Process Redecorating Principles Study course
is good for those people thinking of getting a jump in cake adorning.
The good part of it here is that the act of doing so does
not require any kind of skill or competence.
Cake decorating is absolutely not confined to large cakes by any means.


Also visit my page ... cincinnati cake and candy supplies ()

12:12 AM  
Anonymous Anonymous said...

If with the classic version, you only get to play the same
game over and over again, with Simon 2 game, you get to play
more games with more challenges ad game highlights.
All that energy is boxed in, amplified by the space. The nature
of Reddit's platform makes it possible -- through great and creative effort, it appears -- to give users a gift of the unexpected, rather than deriving humor from humiliation.

my weblog visit the following internet page

5:24 AM  
Anonymous Anonymous said...

You can pick up basic equipment for very little or you can
go for higher quality tackle and spend hundreds or thousands.
Never dawned on me that they might want to try it, so I was surprised one day in the late-eighties when my son called and said they wanted to go fishing.
If the fish are not hitting on your main crappie jigs you may need to switch to
live bait or a combination of live and artificial baits.


Check out my site :: View Web Page

10:02 PM  
Anonymous Anonymous said...

It iis based on computer with electrographic sensor technology.
Imagine never having to worry about what to wear to work, and
even the infuriating traffic jams that never seem to end.
The main reason why you would want to do this is simple, you can unlock
the true potential of your purchase.

Also visit my page; Suggested Resource site (www.legendofmatrixmt2.org)

8:01 AM  
Anonymous Anonymous said...

It does appear, however, that hypnosis can help a person achieve his or her
weight loss goals. Avocados- Although not my favorite,
are high in fats, the good ones. Then leave it a while until your
tummy lets you know that you're hungry again before opting for a healthy snack.

Here is my homepage; http://todayshomebayarea.com/member/296 - -

2:12 PM  
Anonymous Anonymous said...

(Game scheduled for December 15th with Utah State playing Toledo).
Just last year Apple sold more than one hundred million
i - Phone and i - Pad apps. You can only acquire
a small amount of in-game money or gold, and cannot participate in
the auction house, send mail, join guilds, or
even whisper to someone unless someone whispers to you first.



Feel free to visit my weblog Front range Community college :
: ::

6:52 AM  
Anonymous Anonymous said...

Broadcast satellite "in the Star on the 9th," was successfully launched in June last year,
it can be said is a milestone in the field of live satellite event.

Hardware mechanisms used in the manufacturing of a Wi -
Fi internet radio system is less complicated and the point of
ergonomics is kept in mind by the manufactures.
Yours Truly, Johnny Dollar: The Duke Red Matter (Part One; CBS, 1956)'Abbott Stables's Duke Red is a
thoroughbred destroyed over a serious injury in an accident, and Dollar (Bob Bailey)'asked to review a $65,000 insurance claim on the horse'smells trouble when the stable's business manager is dismissed after filing the claim, and its veterinarian may have destroyed the horse a little too swiftly.

Also visit my web page ... radio shack tv antennas for cars

8:45 AM  
Anonymous Anonymous said...

"Worked All Zones Award" is the same concept with time zones.

And once you have your own project that you
want to promote, you must have considered the radio as one of the best alternatives
to introduce your music to the crowds. Many people will be happy with replaceable
batteries for home use and occasional outings.



my web page - radio jensen vm9213

2:51 PM  
Anonymous Anonymous said...

In other trick taking games, players can take tricks on a number of kind of contract.
Caution: when a hole is made in a can, there may be metallic edges that can cut one's mouth. Online gaming is a popular way to spend enjoyable time at a low cost for hours on end.

My blog: online masters degree program :: ::

6:49 AM  

Post a Comment

<< Home


Islamic Calendar Widgets by Alhabib
Free Hijri Date

Kecantikan seseorang harus dilihat dari matanya, karena itulah pintu hatinya - tempat dimana cinta itu ada.